Posts

Resume Bab 5 Jasmine Ayu Putri S 8F

Image
  Jaringan Komputer dan Internet kalian juga dapat menonton video diatas untuk mempelajari bab ini lebih jauh👆👆 A. Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah koneksi antara dua atau lebih komputer menggunakan hardware dan software. Setiap perangkat memiliki alamat IP. Ada jaringan lokal (terbatas) dan jaringan internet (lebih luas, lintas negara).      1.    Jaringan Lokal Jaringan lokal (LAN) adalah koneksi komputer di wilayah terbatas, seperti rumah, sekolah, atau kantor. Untuk menghubungkan lebih dari dua perangkat dalam LAN, gunakan switch atau router. Switch menghubungkan perangkat dalam jaringan yang sama, sedangkan router menghubungkan jaringan yang berbeda alamat IP. Protokol digunakan untuk komunikasi dalam jaringan. Ada jaringan dengan dua perangkat dan jaringan dengan lebih dari dua perangkat. 2. Jaringan Internet Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer di seluruh dunia.  Penggunaan internet melibatkan layanan seperti email, web, dan protokol TCP/IP. Un

Informatika dan Pembelajarannya

video informatika dan pembelajarannya bab 1 Informatika dan Pembelajarannya A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila  Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. B. Cara Belajar Informatika 1. Materi tentang Konsep Informatika Untuk mempelajari suatu materi yang memuat konsep Informatika, ada dua cara yang ditawarkan.  a. Pertama, kalian menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai materi yang dibahas dari bacaan atau media lain, kemudian kalian berlatih  b. Kedua, kalian belajar mandiri, yaitu kalian diajak untuk mengeksplorasi, beraktivitas terlebih dahulu, dengan harapan bahwa urutan langkah kegiatan yang dilakukan akan menuntun kalian untuk memahami materi yang sebenarnya sedang kalian pelajari dengan beraktivitas. 2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata  Konsep yang di

Praktika Lintas Bidang

  BAB 9 PRAKTIKA LINTAS BIDANG   ARTEFAK KOMPUTASIONAL Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional. Objek ini dapat berupa: kode program, aplikasi, situs web, foto/gambar, audio, video, presentasi, dll Artefak komputasional dikembangkan melalui proses kreatif menggungakan perkakas dan Teknik komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan software integrated development (IDE), aplikasi video editing, aplikasi perkantoran, dll.   STARTER MAKEY-MAKEY Makey-Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum, dan Jay Silver. Mereka menciptakan makey makey karena mereka percaya bahwa setiap orang pada hakekatnya kreatif, inpvatif, dan imajinatif serta dapat menciptakan masa depan dan mengubah dunia. Nama makey makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) “Make anythink into keyboard”. Makey makey adalah papan sir

Algoritm dan Pemrograman

Image
BAB 7 JASMINE AYU PUTRI SALSABILA 18 7A bisa cek video ini!! Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer, Proses untuk membuat program yang eisien dan efektif memerlukan pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan mencoba analisis solusi baru lainnya. Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut sebagai 'kode' Pemrograman Mengapa Perlu Belajar Programming? Informatika membangun keteram

jawaban UH INFTK Jasmine 18 7A

Jawaban ulangan INFTK Jasmine Ayu Putri Salsabila 7A 18 1. Apakah tujuan kamu mempelajari Analisis Data? Agar mampu mengolah dan menganalisis sekumpulan data, lalu menampilkannya dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dengan menggunakan tools pengolah lembar kerja. 2. Bagaimana mengolah data menjadi sebuah informasi yang lebih berguna? Pengolahan data dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan bantuan komputer. 3. Apakah kalian tahu bahwa data itu banyak jenisnya? Jelaskan! Sum dan Count Fungsi yang paling sering digunakan. SUM untuk menghitung total jumlah nilai pada range tertentu SUMIF Untuk satu kondisi tertentu dan datanya sama dengan yang akan dijumlahkan, dapat langsung menggunakan SUMIF dengan 2 parameter. COUNTIF Jika ingin mengetahui jumlah data berdasarkan satu kondisi tertentu saja, dapat menggunakan fungsi COUNTIF. Operator Aritmatika Fungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika dengan bantuan operator aritmatika standar seperti tambah (+), ku

VIDEO BAB 4 JASMINE DAN KAYLANI

Image
  Presentasi bab 4

Remedial Jasmine 7A

  REMEDIAL SOAL UJIAN INFORMATIKA KELAS 7   1. Inilah beberapa prinsip yang perlu dipahami oleh siswa dalam mempelajari Informatika, kecuali: A.     Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar. B.     Informatika bukan hanya memakai komputer, tetapi juga memakai aplikasi. Informatika adalah salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi. C.     Informatika terdiri atas konsep dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan. D.     Pembelajaran Informatika tidak akan mendidik kalian menjadi pencipta di dunia digital, dan hanya sebagai pengguna teknologi   2. Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan deng