sistem komputer

 sistem komputer


tujuan pembelajaran di bab 4 ini adalah siswa mampu menjelaskan bagian-bagian sebuah sistem komputer, bagaimana sistem komputer bekerja, dan bagaimana data dikodiikasi.
KATA KUNCI : Perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), storage, sistem operasi (operating system), application, apps
Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. 
Perangkat Keras - Hardware 
Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud isik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpan (storage). Perangkat keras terdiri atas perangkat masukan
1. Perangkat Masukan (Input Devices) Peranti masukan adalah peranti yang mengirimkan data ke komputer untuk diolah. Jenis-jenis peranti masukan ialah seperti berikut. Mouse atau tetikus, Keyboard, scanner, joystick, microphone, Barcode Reader (Barcode Scanner) 
Tipe-tipe keyboard, 
Keyboard QWERTY, yaitu keyboard dengan tata letak paling populer yang didasarkan pada enam huruf pertama pada papan ketik mesin tik.
Keyboard Dvorak, yang meletakkan huruf paling umum di tempat yang paling mudah dijangkau.
Keyboard Klockenberg, yang mengedepankan aspek ergonomis di mana keyboard QWERTY dimodiikasi untuk mengurangi beban otot tangan.
Keyboard Maltron, sebagaimana keyboard QWERTY yang didesain untuk kenyamanan tangan.
Keyboard virtual, yaitu keyboard QWERTY yang diproyeksikan pada media lain
2. Pemroses
Data atau perintah yang diterima dari peranti masukan selanjutnya akan diproses oleh komputer. Pemroses ini terdiri atas banyak komponen, yaitu seperti berikut.
a. Unit Pusat Pemrosesan
 (Central Processing Unit) Central Processing Unit (CPU) adalah bagian utama dari komputer yang bertugas untuk melaksanakan keseluruhan operasi yang dilakukan oleh komputer seperti operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/ output dasar. 
CPU memiliki tiga komponen utama, di antaranya register, unit kendali/ Control Unit (CU), dan unit logika aritmatika/ Arithmetic-Logic Unit (ALU). CPU merupakan otak dan jantung isik dari Sistem Komputer yang menghubungkannya dengan berbagai peralatan periferal, termasuk peranti input/output dan unit penyimpanan sekunder.
b. Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) 
Pemrosesan dengan menggunakan CPU tidaklah eisien untuk data yang besar sehingga diperlukan tempat penyimpanan tambahan. Peranti tersebut tertanam pada main board/ motherboard komputer, yang terdiri atas: Random Accese Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM).
Random Access Memory (RAM)
RAM adalah jenis memori sangat cepat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saat kom puter memproses data atau mengeksekusi perintah. Saat data dari ile di penyimpan sekunder akan dimuat ke CPU untuk diolah, data tersebut akan dimuat di RAM agar dapat diproses lebih cepat. RAM adalah memori elektronik, di mana semua data disimpan dalam rangkaian arus listrik dan transistor sehingga hanya ada sedikit latensi (keterlambatan).
Read Only Memory (ROM)
ROM adalah memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer untuk proses booting, instruksi yang disimpan oleh ROM disebut irmware. 
3. Alat Output (Output Devices) Peranti keluaran adalah peralatan yang menyajikan informasi dari komputer yang bisa berupa tampilan di layar monitor, gambar tercetak, suara yang dihasilkan oleh speaker, dan lainnya.
a. Layar Monitor
Layar monitor berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data di komputer, seperti gambar, teks, angka, graik, dan sebagainya.
b. Printer 
Printer digunakan untuk mencetak gambar, foto, dokumen dalam bentuk media kertas.
c. Speaker 
Alat untuk menghasilkan suara dari komputer, seperti musik, percakapan di ilm, dan efek suara lainnya dinamakan speaker. 
4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device) Peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data elektronis yang bersifat permanen. Data yang disimpan pada penyimpanan sekunder dapat bertahan lama dan dapat dimanfaatkan kembali oleh penggunanya saat dibutuhkan.
Hard Disk Drive (HDD)
Hard disk adalah media penyimpanan data dalam lapisan magnet pada piringan bulat (cakram) disk tipis. Komponen utama hard disk : Piringan logam (platter), Head baca tulis, Rangkaian elektronik pada PCB (Printed Circuit Board) terdiri atas DSP (Digital Signal Processor).
Solid State Drive (SSD) 
Solid-state drive (SSD) adalah peranti penyimpanan data dengan solid-state yang menggunakan lash memory. 
Flash drive 
Flash drive berfungsi sebagai alat penyimpan data secara permanen yang portabel. Flash drive menggunakan lash memory dan biasanya menggunakan antarmuka USB.
Compact Disc (CD) 
CD adalah format penyimpanan data cakram optik digital yang dikembangkan bersama oleh Philips dan Sony dan dirilis pada tahun 1982. Format ini awalnya dikembangkan untuk menyimpan dan memutar rekaman audio digital (CD-DA), tetapi kemudian diadaptasi untuk penyimpanan data (CD-ROM). 
Memory Card (SD Card)
Memory Card atau SD (Secure Digital) card berfungsi seperti layaknya hard disk pada komputer yang digunakan pada peranti portabel seperti smartphone, kamera digital, dan tablet.
Teknologi Penyimpanan Awan (Cloud Storage ) 
Cloud Storage merupakan metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan internet, atau Internet Service Provider (ISP)
Pengguna dapat berbagi (sharing) data di server ke pihak-pihak lain dengan cepat dan mudah. Penyedia layanan biasanya memberikan jaminan keamanan dan keutuhan data.
5. Peranti Lainnya
Pada sebuah komputer, beberapa peranti penting lain yang harus ada seperti mainboard/motherboard, dan beberapa komponen lain yang bersifat tambahan untuk menambah kinerja dari komputer.
a. Motherboard/Mainboard, Motherboard merupakan papan sirkuit utama yang menghubungkan peranti-peranti pada komputer.
 b. VGA (Video Graphic Array) Card VGA card merupakan peranti kom puter yang berfungsi untuk memproses keluaran dari CPU untuk ditampilkan ke layar monitor.
c. Sound Card Sound card merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara ke speaker.
Graphical Processing Unit (GPU) 
Unit Pemrosesan Grais (GPU) adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk mempercepat pembuatan gambar keluaran ke peranti tampilan komputer.
6. Spesiikasi Perangkat Keras Sebuah komputer dengan sistem operasi Windows 10 memiliki spesiikasi berikut. Spesiikasi tersebut dapat dilihat dari menu Control Panel > System and Security > System
PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna dan komputer sebagai perangkat keras.  
a. Freeware, artinya software tersebut gratis untuk digunakan, tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian, tetapi source code yang ada tidak bisa dilihat dan tidak boleh dimodiikasi.
b. Shareware, artinya software tersebut dapat diunduh dan digunakan pengguna hanya untuk dicoba sementara hingga batasan waktu tertentu.
c. Adware, artinya software tersebut gratis, tetapi ada iklan yang muncul ketika dijalankan.
d. Commercial/Proprietary Software, artinya software yang dibuat dengan tujuan untuk dijual dan berbayar kepada pengembang software.
1. Sistem Operasi (Operating System) 
Sistem operasi merupakan perangkat lunak utama yang memungkinkan komputer dapat beroperasi. Sistem operasilah yang menjembatani pengguna sehingga dapat berinteraksi dengan komputer.
a. Manajemen proses: mencakup penyiap an, penjadwalan, dan pemantauan proses (program) yang sedang dijalankan pada komputer.
b. Manajemen sumber daya: berkaitan dengan pengendalian penggunaan sumber daya komputer yang sedang dipakai oleh perangkat lunak sisManajemen sumber daya: berkaitan dengan pengendalian penggunaan sumber daya komputer yang sedang dipakai oleh perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi lain yang sedang berjalan.tem maupun perangkat lunak aplikasi lain yang sedang berjalan.
c. Manajemen data: berupa pengendalian terhadap data masukan dan ke lua r - an, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memori utama.
2. Program Aplikasi Program aplikasi pada komputer meru pa kan perangkat lunak siap pakai yang di gunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Dalam sebuah komputer, aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.
jenis aplikasi : Pengolah Kata (Word Processing), Pengolah Lembar Kerja (Spreadsheet), Pengolah Grais, Pengolah Data (Database), Penerbitan (Publishing),  dan CAD (Computer Aided Design), Multimedia, Bahasa Pemrograman, Layanan Internet, Program Bantu (Utility), Mobile Application, Mobile Application – Commerce Apps.
INTERAKSI ANTARPERANGKAT
Dua perangkat elektronik juga dapat berkomunikasi dan berinteraksi. Sarana untuk berkomunikasi pada komputer atau ponsel yang banyak dipasang saat ini adalah bluetooth.
a. Closed-Circuit Television (CCTV) CCTV atau biasa juga disebut video surveillance adalah alat yang mampu merekam kejadian dalam bentuk video. CCTV yang terpasang digunakan untuk merekam kejadian dalam radius tertentu di sekitar CCTV.
PERMASALAHAN DAN SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS
Perangkat keras komputer karena berupa objek isik dapat menjadi aus karena terpengaruh suhu panas dan dingin.
BILANGAN BINER
Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di komputer.
Pertama, sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan angkanya berkisar dari 0 hingga 9 sehingga jika melihat nilai tiga digit angka 287 (dua ratus delapan puluh satu), digit tersebut terdiri atasangka bertambah dengan faktor 10, atau dengan 10 pangkat bilangan terurut dari (0,1,2,3,..,dst) 
100 = 1 
101 = 10 
102 = 100 
103 = 1000 dst.
1. Mesin Fax dan Modem 
Komputer yang terhubung ke Internet melalui modem juga menggunakan sistem biner untuk mengirim 
pesan. Satu-satunya perbedaan dari keduanya adalah menggunakan bip. Bunyi bip bernada tinggi dapat digunakan untuk satu dan nada rendah untuk nol.
2. Menghitung lebih dari 31 
Lihat kembali kartu biner yang kita buat. Jika kita membuat urutan kartu berikutnya, kita harus menentukan berapa titik kartu berikutnya. Urutan titik pada urutan kartu ternyata membentuk pola.
3. Lebih Lanjut tentang Bilangan Biner 
Hal lain yang menarik dari bilangan biner ialah apa yang terjadi ketika nol diletakkan di sisi kanan nomor tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa saya masuk smp labschool Jakarta

Remedial Jasmine 7A