sistem komputer
sistem komputer
tujuan pembelajaran di bab 4 ini adalah siswa mampu menjelaskan bagian-bagian sebuah sistem komputer, bagaimana sistem komputer bekerja, dan bagaimana data dikodiikasi.
KATA KUNCI : Perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), storage, sistem operasi
(operating system), application, apps
Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya
menghitung.
Perangkat Keras - Hardware
Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud isik
yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai
perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori
dan penyimpan (storage). Perangkat keras terdiri atas perangkat masukan
1. Perangkat Masukan (Input Devices)
Peranti masukan adalah peranti yang mengirimkan data ke komputer untuk
diolah. Jenis-jenis peranti masukan ialah seperti berikut. Mouse atau tetikus, Keyboard, scanner, joystick, microphone, Barcode Reader (Barcode Scanner)
Tipe-tipe keyboard,
Keyboard QWERTY, yaitu keyboard dengan tata letak paling populer yang
didasarkan pada enam huruf pertama pada papan ketik mesin tik.
Keyboard Dvorak, yang meletakkan huruf paling umum di tempat yang
paling mudah dijangkau.
Keyboard Klockenberg, yang mengedepankan aspek ergonomis di mana
keyboard QWERTY dimodiikasi untuk mengurangi beban otot tangan.
Keyboard Maltron, sebagaimana keyboard QWERTY yang didesain untuk
kenyamanan tangan.
Keyboard virtual, yaitu keyboard QWERTY yang diproyeksikan pada
media lain
2. Pemroses
Data atau perintah yang diterima dari peranti masukan selanjutnya akan
diproses oleh komputer. Pemroses ini terdiri atas banyak komponen, yaitu
seperti berikut.
a. Unit Pusat Pemrosesan
(Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) adalah bagian
utama dari komputer yang bertugas untuk
melaksanakan keseluruhan operasi yang
dilakukan oleh komputer seperti operasi
aritmatika, logika, pengendalian, dan input/
output dasar.
CPU memiliki tiga komponen
utama, di antaranya register, unit kendali/
Control Unit (CU), dan unit logika aritmatika/
Arithmetic-Logic Unit (ALU).
CPU merupakan otak dan jantung isik dari Sistem Komputer yang
menghubungkannya dengan berbagai peralatan periferal, termasuk peranti
input/output dan unit penyimpanan sekunder.
b. Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM)
Pemrosesan dengan menggunakan CPU tidaklah eisien untuk data yang
besar sehingga diperlukan tempat penyimpanan tambahan. Peranti tersebut
tertanam pada main board/ motherboard komputer, yang terdiri atas: Random
Accese Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM).
Random Access Memory (RAM)
RAM adalah jenis memori sangat cepat yang di gunakan untuk menyimpan
data sementara saat kom puter memproses data atau mengeksekusi perintah. Saat data dari ile di penyimpan sekunder akan
dimuat ke CPU untuk diolah, data tersebut akan
dimuat di RAM agar dapat diproses lebih cepat. RAM adalah memori elektronik, di mana semua data disimpan dalam
rangkaian arus listrik dan transistor sehingga hanya ada sedikit latensi
(keterlambatan).
Read Only Memory (ROM)
ROM adalah memori pada komputer yang
digunakan untuk menyimpan instruksi yang
ditulis oleh produsen komputer untuk proses
booting, instruksi yang disimpan oleh ROM disebut
irmware.
3. Alat Output (Output Devices)
Peranti keluaran adalah peralatan yang menyajikan informasi dari komputer
yang bisa berupa tampilan di layar monitor, gambar tercetak, suara yang
dihasilkan oleh speaker, dan lainnya.
a. Layar Monitor
Layar monitor berfungsi untuk menampilkan hasil
pengolahan data di komputer, seperti gambar, teks,
angka, graik, dan sebagainya.
b. Printer
Printer digunakan untuk mencetak gambar,
foto, dokumen dalam bentuk media kertas.
c. Speaker
Alat untuk menghasilkan suara dari komputer,
seperti musik, percakapan di ilm, dan efek suara
lainnya dinamakan speaker.
4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)
Peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data elektronis
yang bersifat permanen. Data yang disimpan pada penyimpanan sekunder
dapat bertahan lama dan dapat dimanfaatkan kembali oleh penggunanya saat
dibutuhkan.
Hard Disk Drive (HDD)
Hard disk adalah media penyimpanan data
dalam lapisan magnet pada piringan bulat
(cakram) disk tipis. Komponen utama hard disk : Piringan logam (platter), Head baca tulis, Rangkaian elektronik pada PCB (Printed Circuit Board) terdiri atas DSP
(Digital Signal Processor).
Solid State Drive (SSD)
Solid-state drive (SSD) adalah peranti penyimpanan data dengan solid-state
yang menggunakan lash memory.
Flash drive
Flash drive berfungsi sebagai alat penyimpan data secara permanen yang
portabel. Flash drive menggunakan lash memory dan biasanya menggunakan
antarmuka USB.
Compact Disc (CD)
CD adalah format penyimpanan data cakram optik digital yang dikembangkan
bersama oleh Philips dan Sony dan dirilis pada tahun 1982. Format ini awalnya
dikembangkan untuk menyimpan dan memutar rekaman audio digital
(CD-DA), tetapi kemudian diadaptasi untuk penyimpanan data (CD-ROM).
Memory Card (SD Card)
Memory Card atau SD (Secure Digital) card
berfungsi seperti layaknya hard disk pada
komputer yang digunakan pada peranti portabel
seperti smartphone, kamera digital, dan tablet.
Teknologi Penyimpanan Awan (Cloud Storage )
Cloud Storage merupakan metode
penyimpanan data di sejumlah server yang
dikelola pihak penyedia layanan internet,
atau Internet Service Provider (ISP)
Pengguna dapat berbagi (sharing) data di server ke pihak-pihak lain dengan
cepat dan mudah. Penyedia layanan biasanya memberikan jaminan keamanan dan keutuhan
data.
5. Peranti Lainnya
Pada sebuah komputer, beberapa peranti penting lain yang harus ada seperti
mainboard/motherboard, dan beberapa komponen lain yang bersifat tambahan
untuk menambah kinerja dari komputer.
a. Motherboard/Mainboard, Motherboard merupakan papan sirkuit utama
yang menghubungkan peranti-peranti pada
komputer.
b. VGA (Video Graphic Array) Card
VGA card merupakan peranti kom puter yang
berfungsi untuk memproses keluaran dari
CPU untuk ditampilkan ke layar monitor.
c. Sound Card
Sound card merupakan alat yang berfungsi
untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal
suara ke speaker.
Graphical Processing Unit (GPU)
Unit Pemrosesan Grais (GPU) adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang
untuk mempercepat pembuatan gambar keluaran ke peranti tampilan
komputer.
6. Spesiikasi Perangkat Keras
Sebuah komputer dengan sistem operasi Windows 10 memiliki spesiikasi
berikut. Spesiikasi tersebut dapat dilihat dari menu Control Panel > System
and Security > System
PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang dikerjakan oleh
komputer. Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna dan
komputer sebagai perangkat keras.
a. Freeware, artinya software tersebut gratis untuk digunakan, tanpa batasan
jumlah dan waktu pemakaian, tetapi source code yang ada tidak bisa dilihat
dan tidak boleh dimodiikasi.
b. Shareware, artinya software tersebut dapat diunduh dan digunakan
pengguna hanya untuk dicoba sementara hingga batasan waktu tertentu.
c. Adware, artinya software tersebut gratis, tetapi ada iklan yang muncul
ketika dijalankan.
d. Commercial/Proprietary Software, artinya
software yang dibuat dengan tujuan untuk
dijual dan berbayar kepada pengembang
software.
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi merupakan perangkat lunak utama yang memungkinkan
komputer dapat beroperasi. Sistem operasilah yang menjembatani pengguna
sehingga dapat berinteraksi dengan komputer.
a. Manajemen proses: mencakup penyiap an, penjadwalan, dan pemantauan
proses (program) yang sedang dijalankan pada komputer.
b. Manajemen sumber daya: berkaitan dengan pengendalian penggunaan
sumber daya komputer yang sedang dipakai oleh perangkat lunak sisManajemen sumber daya: berkaitan dengan pengendalian penggunaan
sumber daya komputer yang sedang dipakai oleh perangkat lunak sistem
maupun perangkat lunak aplikasi lain yang sedang berjalan.tem
maupun perangkat lunak aplikasi lain yang sedang berjalan.
c. Manajemen data: berupa pengendalian terhadap data masukan dan ke lua r -
an, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder
maupun dalam memori utama.
2. Program Aplikasi
Program aplikasi pada komputer meru pa kan
perangkat lunak siap pakai yang di gunakan
untuk membantu melaksanakan pekerjaan
penggunanya. Dalam sebuah komputer, aplikasi
ini disiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.
jenis aplikasi : Pengolah Kata (Word
Processing), Pengolah Lembar Kerja
(Spreadsheet), Pengolah Grais, Pengolah Data
(Database), Penerbitan (Publishing), dan CAD (Computer Aided
Design), Multimedia, Bahasa Pemrograman, Layanan Internet, Program Bantu
(Utility), Mobile Application, Mobile Application –
Commerce Apps.
INTERAKSI ANTARPERANGKAT
Dua perangkat elektronik juga dapat berkomunikasi dan berinteraksi.
Sarana untuk berkomunikasi pada komputer atau ponsel yang banyak
dipasang saat ini adalah bluetooth.
a. Closed-Circuit Television (CCTV)
CCTV atau biasa juga disebut video surveillance adalah alat yang mampu
merekam kejadian dalam bentuk video. CCTV yang terpasang digunakan
untuk merekam kejadian dalam radius tertentu di sekitar CCTV.
PERMASALAHAN DAN SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS
Perangkat keras komputer karena berupa objek isik dapat menjadi aus
karena terpengaruh suhu panas dan dingin.
BILANGAN BINER
Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena
bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di
komputer.
Pertama, sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan
angkanya berkisar dari 0 hingga 9 sehingga jika melihat nilai tiga digit angka
287 (dua ratus delapan puluh satu), digit tersebut terdiri atasangka
bertambah dengan faktor 10, atau dengan 10 pangkat bilangan terurut dari
(0,1,2,3,..,dst)
100
= 1
101
= 10
102
= 100
103
= 1000
dst.
1. Mesin Fax dan Modem
Komputer yang terhubung ke Internet melalui modem juga menggunakan
sistem biner untuk mengirim
pesan. Satu-satunya perbedaan dari keduanya
adalah menggunakan bip. Bunyi bip bernada tinggi dapat digunakan untuk
satu dan nada rendah untuk nol.
2. Menghitung lebih dari 31
Lihat kembali kartu biner yang kita buat. Jika kita membuat urutan kartu
berikutnya, kita harus menentukan berapa titik kartu berikutnya. Urutan titik pada urutan kartu ternyata membentuk pola.
3. Lebih Lanjut tentang Bilangan Biner
Hal lain yang menarik dari bilangan biner ialah apa yang terjadi ketika nol
diletakkan di sisi kanan nomor tersebut.
Comments
Post a Comment